Welcome

Welcome to this blog!

Di blog ini Anda dapat mencari artikel-artikel, materi pelajaran bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia dan Bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA.
Anda juga dapat mencari link sekolah maupun perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Seperti misalnya Universitas California, MIT dan sebagainya.
Anda juga dapat mendapatkan informasi tentang bea siswa dalam dan luar negeri.
Bagi yang memiliki materi yang ingin ditayangkan di blog ini kirimkan ke E-Mail saya intankierana@gmail.com .

Terima kasih.

Intan Kirana

Selasa, 04 Mei 2010

WHAT IS A SPOOF TEXT?

Spoof Text

Antara teks spoof dan anecdote ada kemiripan bahkan kedua-duanya sering kita anggap sama. Keduanya cenderung didefinisikan sebagai teks yang berhubungan dengan ceritera lucu atau kejadian yang luar biasa.

Memang benar juga. Namun bila kita tinjau lebih jauh akan nampak sekali perbedaannya.

Kita sering menganggap setiap ceritera lucu adalah anecdote. Namun tidak setiap ceritera yang lucu adalah anecdote. Spoof memiliki ciri khas yang berbeda dengan anecdote yakni “unpredictable funny things in the end”. Inilah yang disebut TWIST. Pada anecdote tidak ada Twist.

Teks anecdote memiliki generic structure : abstract, orientation, crisis, reaction and coda.

Sedang teks spoof memiliki generic structure : orientation, events, and twist.

Contoh Teks SPOOF

Private Conversation

Last week I went to the theatre. I had a very good seat. The play was very interesting.I did not enjoy it. A young man and a young woman were sitting behind me. They were talking very loudly.I got very angry. I could not hear the actors. I turned around. I looked at the man and the young woman angrily. They did not pay any attention.In the end, I could not bear it. I turned around again. “I could not hear a word” I said angrily.“It’s none of your business” the young man said rudely. “This is a private conversation”

(From: English New Concept)

Generic Structure Analysis
Orientation
: introducing a writes as point of view “I” which is in a theatre last week
Event 1: the other people, young man and young woman, were talking noisily.
Event 2: the writer used physical language by turning around to the young man and young woman talk to not to make noisy.
Event 3: the write used verbal language by saying “I could not hear a word”.
Twister: the young man misunderstood the writer’s word and said; “It’s none of your business. It’s a private conversation”.

(From: understandingtext.blogspot.com)

2 komentar:

  1. wah halaman yang baik dan artikel yang bagus . saya senang bisa menemukan halaman ini karena artikelnya menarik untuk saya baca . Terimakasih untuk informasinya dan ditunggu postingan berikutnya...salam

    BalasHapus